Apresiasi Seni dan Budaya Lewat Culture Fusion Festival (CFF)

Senin (15/7) bertepatan dengan pembukaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) kelas X tahun ajaran 2019-2020, SMAK PENABUR Harapan Indah (SMAK HI) menyelenggarakan acara Culture Fusion Festival (CFF). Dalam acara tersebut digelar pameran karya-karya siswa dalam berbagai bentuk dari seni rupa, prakarya, rekayasa, dan sebuah drama bertajuk Asmaradhana. Alur cerita dalam drama dikemas dengan menampilkan ekstrakurikuler yang ada di SMAK PENABUR Harapan Indah. Prestasi ekstrakurikuler dalam lomba yang diikuti ditampilkan pada slide.

Drama tersebut berkisah tentang Raja Asmaradhana yang membuat kompetisi mencari suami untuk putrinya. Inilah anak-anak dari ekskur teater memerankannya. Ia mengundang dari beberapa negara tetangga untuk mengikuti kompetisi tersebut. Utusan menampilkan ekskur Bahasa Mandarin, Jepang, Jerman, dan Paskibra. Akan tetapi, sang putri diculik. Setelah mengalahkan para penculik, tentara kerajaan membawa pulang putri raja. Kompetisi dilanjutkan melalui penampilan ekskur basket, bulutangkis, floorball, futsal, dan voli. Muncul surat ancaman melalui ekskur panahan. Lokasi putri dilacak dengan menampilkan ekskur IT Club. Situasinya diberitakan melalui ekskur Jurnalistik. Berita diakhiri dengan lagu dari ekskur band. Pencarian ke lokasi dilakukan oleh ekskur Pramuka. Musuh yang dihadapi dengan ekskur taekwondo. Korban yang luka dalam pertarungan ditolong oleh tim ekskur PMR. Sesudah insiden, putri dijodohkan dengan pemenang kompetisi. Akan tetapi, sang putri tidak mau menerima suami pilihan raja. Mereka berdebat melalui penampilan ekskur Debat Bahasa Indonesia. Setelah mendengar pertimbangan melalui PA (Pendalaman Alkitab) dan Paduan Suara dari penasihat kerajaan, raja memutuskan untuk menerima pria pilihan sang putri. Perayaan dilakukan dengan ekskur Modern Dance.

Acara yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna, Kompleks PENABUR Harapan Indah  ini sukses menyedot perhatian para siswa, guru, dan orang tua siswa yang hadir. “Acaranya keren banget, saya bangga bisa lihat hasil karya teman-teman. Dramanya juga menarik banget, alur ceritanya bagus. Nggak kelihatan kalau lagi menampilkan ekskur karena cerita mengalir, “papar Melinda, siswa kelas XI MIPA. Ibu Siwi, Kepala SMAK HI juga bersyukur acara CFF berjalan dengan lancar dan berterima kasih kepada para guru dan siswa karena telah menyiapkan konsep acara yang menarik.

Dari CFF ini para siswa dapat mengapresiasi seni dan budaya bangsa lewat karya yang mereka buat dan tampilkan. Sekaligus dapat memudahkan siswa dalam memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakatnya di SMAK PENABUR Harapan Indah.